Minggu, 08 Juni 2014

Belajar Bikin Game Sendiri dengan 3 Program Gratis Ini

3 years ago by Astrid
Apakah kamu senang membuat cerita sendiri? Pernah berfantasi menulis soundtrack untuk sebuah petualangan yang epik? Merancang desain karakter kamu sendiri, untuk game pertarungan sengit atau simulasi peperangan?
Dulu, butuh ketrampilan pemrograman yang hebat dan kerja keras bertahun-tahun untuk membuat satu game yang enak dimainkan. Sekarang, kamu pun bisa membuat game kamu sendiri tanpa modal yang besar dengan memakai yang namanya game engine. Berikut adalah rekomendasi game engine gratis yang digunakan untuk menciptakan game-game terbaik!
Unity 3D
Unity 3D merupakan program gratis untuk membuat game yang dirancang agar mudah digunakan oleh pemula. Program ini menjadi pilihan lebih dari 800.000 pencipta game dari seluruh dunia karena Unity menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan untuk menciptakan game-game hebat. Unity memiliki kinerja grafis dengan optimasi tinggi dan bisa digunakan di PC, Mac (termasuk iPhone), Wii, dan iPad.
Dengan Unity, berbagai jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang telah dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.

“Feist” - game petualangan yang dibuat dengan Unity3D: http://vimeo.com/29957584
Menggunakan Unity 3D, kamu bisa menciptakan game untuk dimainkan di berbagai platform, termasuk komputer PC, web, iOS, Android, dan bahkan konsol game seperti Wii, PS3, dan Xbox 360. Unity tersedia dengan lisensi gratis, walau ada juga lisensi profesional dengan fitur-fitur tambahan untuk membuat game semakin lengkap. Kalau kamu ingin mencoba membuat game sendiri dengan Unity, download gratis programnya dari website mereka http://unity3d.com.
Unreal Development Kit
Siapa sangka program yang digunakan untuk menciptakan Xbox 360 Game of the Year “Gears of War” dan 2011 IGN Mobile Game of the Year “Infinity Blade II” bisa juga kamu gunakan untuk membuat game kamu sendiri!
Unreal Development Kit (disingkat UDK) merupakan program lengkap membuat game dengan kualitas profesional berdasarkan Unreal Engine 3, yang mendapat pengakuan sebagai salah satu game engine terbaik. Unreal Engine 3 telah digunakan oleh pencipta game, peneliti, studio televisi, sutradara machinima, artis, dan pelajar. Jadi, siapapun bisa menggunakan UDK, termasuk kamu.


“Dungeon Defense”, game action RPG yang dibuat dengan UDK: http://youtu.be/QAZcdH0rxXk

UDK menyediakan semua perangkat yang dibutuhkan untuk membuat game hebat, visualisasi canggih, dan simulasi 3 dimensi detil pada PC dan iOS. Fitur-fitur ini terbukti kehebatannya, karena game-game yang dirilis menggunakan UDK telah mendapat berbagai penghargaan terbaik. Dengan UDK, ide-ide game kamu bisa dibuat menjadi dunia nyata yang terlihat realistis secara mudah.
Program UDK sekarang tersedia dengan lisensi yang sangat fleksibel untuk penggunaan komersial dan non-komersial. Untuk penggunaan edukasional, program ini gratis. Kamu juga bisa mencoba game engine terbaik ini dengan mendownloadnya gratis dari: http://www.udk.com/
Panda3D
Bahkan perusahaan sebesar Disney pun menggunakan program Panda3D ini untuk menciptakan game online mereka yang berdasar salah satu film hits: “Pirates of the Caribbean Online”!
Panda3D adalah program untuk animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis untuk penggunakan komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini adalah monitor kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing Unit) bisa diketahui sekilas. Selain itu, program ini juga langsung bekerja begitu diinstall pada komputer, sehingga mudah digunakan oleh pencipta game yang bukan programmer.

Screenshot dari “Pirates of the Caribbean Online”: http://piratesonline.go.com/welcome
Sangat mirip dengan aktris aslinya bukan?
Untuk mencoba demo dari kemampuan program ini, kamu bisa melihatnya di:
http://www.panda3d.org/gallery/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates