Sabtu, 07 Januari 2012

pengenalan dan pengertian HTML beserta contoh

HTML adalah, (HyperText Markup Language) sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. HTMLjuga dapat digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.
dasar dasar html 1

Sejarah HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993).
HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997.
HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).

Dasar-Dasar HTML

Mendesain HTML berarti melakukan suatu tindakan pemrograman. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Namun HTML hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Menuliskan tag-tag HTML tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah-perintah tertentu agar HTML kita dapat di akses oleh browser. Mendesain HTML adalah adalah sebuah seni tersendiri. Homepage yang merupakan implementasi dari HTML adalah refleksi dari orang yang membuatnya. Untuk itu kita perlu mendesainnya dengan baik agar para pengunjung homepage yang kita buat merasa senang dan bermanfaat.
Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain. Dapatkan editor HTML lainnya disini.
  2. Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML.
Ada kelebihan dan kekurangan dari dua cara di atas. Cara pertama kelebihannya adalah HTML Editor merupakan sebuah program yang khusus didesain untuk membuat, melakukan editing bahkan mem-publish ke internet. Dengan kemampuannya menggabungkan kemudahan dan kecanggihan teknologi internet ke dalam dokumen HTML maka cara ini sangat disukai oleh para pemula dan desainer yang tidak ingin belajar lebih mendalam mengenai HTML. Sedangkan cara kedua adalah menuliskan secara manual satu persatu tag-tag HTML. Hal ini sangat disarakan sulit dikarenakan akan memakan tenaga dan waktu ekstra untuk melakukannya, ditambah lagi Anda harus melakukan cara-cara konvensional untuk melihat hasilnya pada web browser. Namun pada cara kedua adalah dasar dari segala bentuk HTML yang akan Anda pelajari, karena dengan cara itulah Anda akan lebih paham mengenai cara kerja dan berbagai perintah yang biasa dipakai pada bahasa HTML

Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/dasar-dasar-html/#ixzz1imRUxrBs

Contoh HTML dasar

Kode HTML dasar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>
ini adalah contoh title
</title>
</head>
<body>
ini adalah body html. body html adalah
tempat bersemayamnya segala tulisan,
gambar, dan informasi yang dibaca
oleh semua orang di internet.
secara umum, jika kita ingin menulis
apapun di situs kita, kita perlu
memasukkan tulisan tersebut
pada area body ini.
</body>
</html>

Contoh HTML yang tidak memerlukan buka tutup

Meskipun secara umum sebuah kode html memerlukan kode pembuka dan kode penutup, namun ada pula beberapa contoh HTML yang tidak memerlukan pembuka dan penutup. Contoh HTML tesebut antara lain;
<br> untuk membuat baris baru
sebuah paragraf yang ditulis dalam bahasa html, ketika tidak di beri tanda <br> maka tulisan tersebut akan tampil memanjang ke kanan dalam 1 baris. Ini tentu berbeda dengan tulisan di Microsoft word yang cukup menekan tombol enter dan baris baru akan terbentuk.
<hr> untuk membuat horizontal rule atau garis horizontal
Garis horizontal biasanya digunakan untuk memisahkan antara pembahasan bagian atas dengan penjelasan bagian bawah pada sebuah artikel.
Contoh HTML yang kangmoes bahas diatas adalah semacam menu pembuka bagi anda yang ingin sama-sama belajar tentang HTML. Pembahsan selanjutnya, mungkin kangmoes akan membahas contoh HTML yang lebih kompleks, tapi kangmoes ga janji ya:)?

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates